PELATIHAN DOKTER KECIL DI PUKESMAS WIROBRAJAN

SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN II YOGYAKARTA News, Pelatihan Dokter Kecil sebagai bagian dari Kegiatan Program Kesehatan, khususnya Upaya Kesehatan Sekolah (UKS). Pada tanggal 16 s/d 17 Oktober 2018 lalu, Tim Puskesmas Wirobrajan telah melaksanakan kegiatan pelatihan Dokter Kecil Tingkat Sekolah Dasar dalam wilayah Puskesmas Wirobrajan.

Dokter kecil merupakan peserta didik yang dipilih guru guna ikut melaksanakan sebagian Usaha Pelayanan Kesehatan (UKS) terhadap diri sendiri, keluarga, teman murid, pada khususnya dan sekolah pada umumnya. Kegiatan Pelatihan Dokter Kecil  dilaksanakan tanggal 16 – 17 Oktober 2018  diikuti oleh 60 siswa.

Tujuan Pelaksanaan Pelatihan Dokter Kecil adalah meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS dan siswa/i  mampu menjadi penggerak hidup sehat serta mampu menolong dirinya, keluarga dan orang lain untuk hidup sehat. Adapun kriteria siswa/i peserta Pelatihan Dokter Kecil antara lain telah menduduki  Sekolah Dasar/ Madrasah , siswa kelas 4 dan 5 yang belum pernah mendapat Pelatihan Dokter Kecil, berprestasi di sekolah, berbadan sehat, berwatak pemimpin dan bertanggungjawab, berpenampilan bersih dan berperilaku sehat, berbudi pekerti baik dan suka menolong dan di izinkan orang tua.

Materi atau pokok bahasan dalam Kegiatan Pelatihan Dokter kecil yang di berikan antara lain materi UKS, P3K, Napza dan Bahaya merokok, Kesehatan Gigi dan Mulut, Gizi Anak Sekolah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat , Kesehatan Perorangan, Penyakit Menular dan Tidak Menular dan Imunisasi. Meskipun banyak materi yang diberikan siswa/i  tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan, karena sebelum pergantian materi siswa/i diajak untuk melakukan peregangan, refeleksi dan games agar siswa/i tidak bosan dan jenuh. Sebelum pelatihan dimulai peserta pelatihan diberikan soal pre-test untuk mengukur pengetahuan awal sebelum diberikan materi dan diberikan post-test setelah pemberian materi selesai untuk mengukur peningkatan pengetahuan setelah diberikan materi, dan dari hasil menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dari setelah siswa/i mengikuti pelatihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *